Sabtu, 09 Maret 2013

Indahnya Pantai Karangbolong, Nusakambangan,,



Nusakambangan ternyata isinya gak cuma penjara mulu lho..di sebelah kompleks penjara ternyata ada wana wisata yang bisa diakses masyarakat umum, berbeda dengan penjaranya yang butuh duit jutaan (kira2 1,5jt, bhkn lebih) untuk mendapatkan fasilitas eksklusif - nengok tahanan - di Penjara Nusakambangan.
untuk masuk ke wana wisata ini cuma butuh duit Rp. 15rb, dg rincian Rp. 10rb untuk naik perahu dari pantai Teluk Penyu - Nusakambangan pp (pulang - pergi), & Rp. 5rb untuk masuk ke wana wisata..

perjalanan menuju pantai karangbolong kira2 30 menit dg dusuguhi nuansa hutan alami yang masih terdapat berbagai satwa liar, diantara kera,dll, di tengah hutan ini terdapat benteng tua peninggalan Belanda, yang bernama Benteng Karangbolong. Katanya nih benteng ini terdapat lorong bawah laut sampai ke Benteng Pendem di Teluk Penyu lho, padahal jarak straight dari kedua benteng ini lebih dari 7 kilo..!! (gimana dulu cara buatnya y..?? tapi lebih kasian lagi warga pribumi yg jd rodi,, pasti pada nelangsa beud dch.. :-(.. )







 Benteng ini luas bgt, tapi asyk bgt dijelajahi, apalagi buat yg suka uji nyali,, soalnya dari tampangnya serem sih..apalagi pernah ada cerita dari bapaknya nelayan situ, kalo dulu pernah ada yg foto naik tangga yg menuju ke loteng atas diruang yg digambar ini, tapi gak ada gambarny, padahal klo ngambil gambar yg lain bisa kok...
Pantai Karangbolong merupakan pantai pasir putih dan karang, kalo pagi indah bgt, karena nuansa alam pantai dg desir angin, gulungan ombak, & kapal-kapal tangker atau barang pada hilir mudik dari Pelabuhan Cilacap. kalo udah nyampe sini, dijamin ogah balik dch kalo gak kepepet maghrib - kecuali yg kepengen ngecamp. di pantai ini dulunya tinggal tinggal sepasang suami istri, yg mana si bapak itu bekas tapol jaman Pak Harto, karena diduga terlibat PKI, tapi sayang ku lupa namanya. si bapak ini katanya berasal dari Sulawesi, terus jadi tapol di Nusakambangan, setelah bebas beliau tidak mau balik kampung atau tinggal di masyarakat umum, karena pasti ditolak karena jaman dulu orang PKI kn dianggap membahayakan..sekarang si Bapak udah almarhum, meninggal di pertengahan tahun 2011 lalu..si Ibu ikut anaknya,, dan rumahnya sekarang gak tau masih ada pa enggak ya..

 untuk masuk ke Pantai Nusakambangan ini maksimal jam 5, jadi buat yg mau ngecamp, harus masuk sebelum jm 5 sore..selain emang gak ada perahu, pengelola juga gak ngebolehin masuk, kecuali emg untuk camping di pinggir Pantai Karangbolong..



Tidak ada komentar: