Minggu, 10 Maret 2013

Telaga Kodok, Dieng Plateu




Jika kita menyebut nama Dieng pasti dalam mindset kita teruju kepada 3 objek, Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan Kompleks Candi Arjuna. Padahal di kawasan plato yang berada di ketinggian >2000 mdpl ini, masih terdapat puluhan objek wisata lain. Tidak heran bila ada ada yang menyebut Dieng sebagai kawasan terindah nomor 2 di dunia.
Di kawasan Dieng terdapat kurang lebih 6 danau vulkanik – yg paling terkenal yaitu telaga warna - , 8 kawah aktif – yg paling terkenal yaitu kawah sikidang - , dan beberapa kompleks candi.
Dari sekian objek wisata itu tarif masuknya cukup lumayan. Bukan nominalnya tapi karena satu objek satu tarif. Tapi meskipun begitu perasaan kita sangat puas menikmati semua pemandangannya, bahkan bisa saja gak cukup satu hari untuk menikmati nuansa Dieng. Untuk satu objek rata-rata tiketnya Rp. 5000 s.d Rp. 7000. Tapi ada satu kompleks di Dieng yang sebenarnya sangant menarik bgt tapi tidak seramai jika dibandingkan dengan objek wisata yg saya sebutin di atas.
Kawasan ini bernama Telaga Kodok, yg terletak di bawah Puncak Sikunir. Telaga ini memang tidak setenar Telaga Warna, tapi dijamin gak kalah keren dah. Telaga Kodok ini biasanya dipakai sebagai tempat camping. Akomodasinya gak mahal, untuk nge-camp satu malam, dikenai retribusi kira-kira Rp. 3000 per orang (kalo gak salah) untuk perawatan jalan oleh warga setempat, dan termasuk juga retribusi naik Puncak Sikunir. Ditambah juga biaya retribusi untuk parkir motor biar pas ngecamp motornya aman dari hujan dan maling (wkwkwkw..tapi di Dieng dijamin gak ada maling, cz orang2nya super baik)
 





   


Telaga Kodok




Biasanya orang-orang pada nge-camp di pinggir Telaga Kodok dan paginya naik ke Puncak Sikunir. Asal tau aja ya, di Puncak Sikunir ini merupakan tempat terindah di Indonesia untuk menikmati sunrise dan sunset dari pegunungan lho (gak dihitung kalau dilihat dari pantai). Karena dari puncak ini kita bisa melihat puncak Gunung Sindoro di sebelah timur dengan bacground matahari yg baru lahir dari perut bumi. Tapi y resikonya kalau gak tertutup awan. Tapi biarpun gak liat matahari tapi pemandangannya tetep bagus banget...dari puncak Sikunir inilah tempat terbaik untuk menikmati keindahan Telaga Kodok. Naik ke puncak Sikunir gak lama kok, gak kayak naik gunung biasanya. Dari Telaga Kodok ke Puncak Sikunir kira-kira 20 menit s.d setengah jam, tergantung dari kecepatan jalan kita.. :-D










 Puncak Sikunir
 








Telaga Kodok dilihat darti Lereng Ouncak Sikunir – dari lereng aja udah indah banget kayak gini y, apalgi kalau dari puncaknya,,sayang bgt gak kefoto.









Melihat proses pembentukan awan di Puncak Sindoro..top markotop dch..Cuma sunrisenya gak keliatan.












Backgroundny tu lereng Gunung Sindoro lho..


Bagi yg gak tau tapi berminat ke Telaga Kodok, kita bisa ambil rute dari masuk kompleks Dieng kita ke arah Kawah Sikidang lurus terus sampai ketemu desa terakhir yg bernama Desa Sembungan yg sekarang menjadi salah satu desa wisata Dieng.
Dijamin jadi suasana camping yg sempurna dch, gak kalah sama Ranukumbolo..

Tidak ada komentar: